PKL day 1 to 3

Kenapa ya setiap first time melakukan sesuatu future madre pasti antusias banget? Kalian gitu juga ga? Hihi. Saking antusiasnya, fuma sampai dateng terlalu cepat ke tempat PKL. PKL itu apa sih? PKL adalah singkatan dari Praktik Kerja Lapangan. PKL ini mirip kayak magang seperti yang dilakukan oleh mahasiswa PTN. Tapi yang berbeda adalah sistemnya gitu. Tapi, kalau disebut magang ya bisa jadi bener juga sih. Okay back to the story about PKL day one. Hari pertama PKL diisi dengan antusiasme fuma (re:future madre) dan kepusingan. Pusing karena langsung dapat di bidang yang sedikit juh dari pa yang kupelajari selama kuliah. Aku ditempatkan di P3A yang berarti Program Pelaporan serta Pembinaan APIP. Aku dapet kerjaan yang lumayan ribet karena aku baru kali pertama membuat aplikasi tapi ga dari scratch banget. Data untuk excel sudah ada, tapi harus diolah lebih lanjut. Hal yang membuat aku sedikit kesal adalah error pada saat menginput di aplikasi appsheet. Sekali error yaudah ulang dari awal.

Lumayan juga sih jadinya untuk hari pertama, aku diajarin secara gak langsung untuk adaptasi sama lingkungan + praktik langsung dengan aplikasinya dan excel.

Hari kedua PKL juga kurang lebih sama, namun sampel data yang diolah bertambah. Semakin bertambah, semakin tricky. Kok bisa? Ya itu tadi, sekalinya error-> start from the beginning untuk sampel data tersebut. 

Overall, pengalaman PKL selama tiga hari ini mengajarkanku untuk sabar dan makin cepat dalam bekerja. Abang pengawas sekaligus yg bertanggung jawab mengenai tugas ini mengarahkanku untuk sedikit chill dan jangan terlalu cepat. Tapi, aku merasa perlu untuk mempercepat karena sampel datanya lumayan cyin:( Jadi aku anggap nasihat abang tsb sebagai reminder untuk lebih hati-hati tapi tetap cepet. 

Ohya selama tiga hari ini, fuma merasa kayak living robot yang punya perasaan but in a good way gitu lah. So, i'm happy 'cause im living with another human being. Nilai tambah juga karena lingkunganku baik-baik, but at the end of the day, we are all just human. 

Good luck fuma and all of you!♥️

Comments